Prodi S1 Pendidikan Matematika


Sejarah 
Program Studi S1 Pendidikan Matematika

Sadar akan adanya tanggung jawab membantu pemerintah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan dengan melihat kebutuhan masyarakat akan pendidikan tinggi di Kabupaten banyuwangi semakin besar dan tidak tercukupinya oleh perguruan tinggi swasta lainnya, maka Yayasan pendidikan Puspa Dunia telah menggabung (marger)STIKES dengan Ijin SK MENDIKNAS RI No. 212/D/O/2007 Tanggal 06 november 2007, AKBID Bakti Indonesia Banyuwangi dengan Ijin SK MENDIKNAS RI NO :34/d/o/2008 Tanggal 06 Maret 2008 dan AKADEMI BAHASA ASING (ABA) BHAKTI PERTIWI yang diselenggarakan oleh yayasan pendidikan Puspa Dunia menjadi Universitas Bakti Indonesia Banyuwangi dengan ijin SK MENDIKNAS RI NO: 32/O/2009 Ijin PPSDM Depkes RI : 03.2.4.103233 tanggal 06 April 2009 mempunyai Delapan (8) fakultas dan salah satunya Fakultas  Keguruan  dan Ilmu kependidikan yang mempunyai prodi S1 MATEMATIKA. 
  
Visi Program Studi
Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas dalam pembinaan,pengembangan dan penyelenggaraan pendidikan matematika yang berwawasan lingkungan,mampu menghadapi tantangan perkembangan IPTEKS yang bersifat global untuk kepentingan kemanusiaan dan mendorong kemandirian UBI dengan tetap mempertahankan nilai – nilai luhur bangsa berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Misi Program Studi
  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan akademik yang professional dan berkualitas di bidang pendidikan matematika.
  2. Meningkatkan dan mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan matematika serta ilmu matematika.
  3. Meningkatkan system kelembagaan yang gerorientasi pada mutu dan profesionalisme.
  4. Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama dengan lembaga, baik dalam maupun luar negri untuk mengembangkan IPTEKS dan tenaga kependidikan matematika yang berkualitas.
  5. Meningkatkan jumlah dan mutu lulusan , meningkatkan profesionalisme sumber daya menusia pada program studi pendidikan matematika, dan mewujudkan para lulusan untuk siap bekerja di bidang pendidikan matematika.

Tujuan Program Studi
Pendidikan matematika bertujuan untuk :
Menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan calon guru yang memiliki kompetensi utama sebagai guru matematika dan memiliki kompunen Khusus dalam mengembangkan penelitian pendidikan matematika

Kompetensi Lulusan

a). Kompetensi Utama
  • Kompetensi pedagogik: memiliki pemahaman terhadap peserta didik dan mampu mengelola pembelajaran matematika.
  • Kompetesi kepribadian : memiliki kepribadian mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berakhlak mulia sebagai guru matematika.
  • Kompetensi professional: menguasai materi bidang studi matematika dan pembelajaran secara luas serta mendalam.
  • Kompetensi sosial: mempunyai kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama secara efektif dengan peserta didik, kolega, dan masyarakat
    b). Kompetensi Pendukung
    • Menguasai teknologi informasi untuk keperluan penelitian dan pembelajaran matematika.
    c). Kompetensi Lain
    •      Memiliki ketrampilan mengajar matematika untuk tujuan tujuan khusus.
           
    Peluang Lulusan Pendidikan Matematika
    1. Lulusan matematika masih sangat sedikit 
    2. Matematika adalah ilmu yang sangat diperlukan baik diinstansi – instansi, 
    3. Dunia pendidikan, masyarakat dan dilembaga penelitian – penelitian.
     
    Struktur Organisasi
    Program Studi Matematika di bawah organisasi Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Di dalam pelaksanaan dan pengelolaannya, fakultas dipimpin oleh Dekan dengan dibantu bidang akademik, dan administrasi serta kemahasiswaan. Program Studi dikelola oleh seorang ketua program studi yang menjalankan tugas sehari-hari dalam pelaksanaan pengajaran.
    Satuan tata usaha fakultas menunjang kegiatan administrasi kegiatan perkuliahan. Untuk memudahkan dan mengefisiensi pengawasan dibentuk kelompok tenaga pengajar yang serumpun, masing-masing mengkoordinasi mata kuliah yang berada dalam kelompok yang berkesinambungan. Selanjutnya dapat dikoordinasikan dengan kelompok lainnya sehingga mata kuliah yang diberikan dapat efektif dan efisien serta tidak terputus atau tumpang tindih.



    --------------------------------------------------------------------------------